Kamis, 17 Maret 2016

Yuk, belajar bisnis





1.Mengenal Bisnis
Bisnis pada dasarnya merupakan suatu aktifitas yang mengarah pada peningkatan nilai tambah melalui proses penyerahan jasa, perdagangan atau pengolahan barang(produksi). Bisnis juga merupakan suatu organisasi atau pelaku bisnis akan melakukan aktifitas bisnis dalam bentuk memproduksi atau  mendistribusikan barang atau jasa, mencari keuntungan  dan mencoba memuaskan konsumen.masih banyak definisi mengenai bisnin ini. Bisnis dibaratkan sebuah tanaman yang akan kita petik untuk dinikmati bila sudah berbuah.

Dalam berbisnis kita harus bisa sekreatif mungkin agar bisnis yang kita kendalikan aman, karena dalam berbisnis itu mengikuti perkembangan jaman artinya bisnis yang sudah ditanam pun akan ada masa matinya seperti pohon yang bisa mati karena hama, gangguan lainnya atau karena sudah tua.

Kegiatan bisnis sekarang sudah banyak dikenalkan di lingkkungan dunia pendidikan  disekolah, sekolah bahkan sampai universitas. Tujuannya itu semua yaitu mengenalkan kegiatan bisnis sejak dini dan mencetak siswa maupun mahasiswa yang siap berwirausaha.

2. Pelaku Bisnis
Pada dasarnya terdapat tiga pelaku bisnis yaitu:
a.         Pedagang adalah orang yang melakukan usaha
b.         Pebisnis atau pengusaha orang yang melakukan bisnis
c.         Enterpreneur adalah orang yang melakukan wirausaha

3. Belajar dari Kegagalan
Tentu dalam berbisnis tidak selalu mulus dan lancar  seperti yang kita inginkan. Menjadi seorang pedagang , pebisnis atau enterpreneur pasti pernah mengalami yang namanya jatuh bangun dan tidak jarang lebih menemui kegagalan dalam mempelajari bisnis. Makin banyak mengetahuii kegagalan kita makin siap dalam melakukan bisnis.

Dengan kegagalan-kegagalan yang pernah kita alami, pengalaman-pengalaman itu  mempersempit ruang kita untuk mengalami kegagalan dan kita pasti akan menemukan suatu keberhasilan.
Sebagai evalusi yang pernah saya alami faktor yang menjadi sumber kegagalan diantaranya yaitu
1.         Manajemen SDM
2.         Manajemen keluarga
3.         Manajemen pemasaran
4.         Manajemen produksi

Tidak hanya faktor eksternal dari segi internal pun bisa menjadi sala satu faktor kegagalan  seperti keluarga, teman, karyawan , mitra atau pun dalam servicenya atau pelayanannya.

4.Karakter Bisnis
Perlu diketahui dalam kegiatan bisnins ini ada beberapa karakter utama dalam berbisnis diantaranya yaitu:
1.         Butuh kekuatan mental yang luar biasa
2.         Butuh keuletan tidak pantang menyerah
3.         Harus pandai bernegoisasi
4.         Harus bisa menutup atau mencegah yang mengarah pada kegagalan
5.         Kesalahan dalam memilih karyawan bisa berakibat fatal
6.         Selalu memanfaatkan kegagalan menjadi sebuah keberhasilan
7.         Menyita waktu pribadi dan keluarga
8.         Tergantung kemampuan finansial sendiri

5.Masalah / kendala
Ya, dalam kegiatan bisnis ini kita tidak luput dari yang namanya masalah atau kendala dalam bisnis. Dalam memulai bisnis tentunya tak seindah yang kita bayangkan. Seperti yang pernah saya alami ada beberapa masalah / kendala yang sering kita temui diatantaranya karena:
1.         Alasan modal atau uang
2.         Waktu
3.         Kemampuan /skill
4.         Koneksi
5.         Takut melepas status  karyawan atau memiliki karyawan

6.Motivasi dalam Bisnis
Dalam melakukan setiap kegiatan apapun kita tidak lepas dari yang namanya motivasi atau dukungan baik eksternal maupun internal. Motivasi merupakan penggerak kekuatan dalam suatu kegiatan. Banyak para pebisnis yang mencari-cari sumber motivasi itu sendiri agar bisnis yang dijalankan tetap bisa bertahan dan bisa berkembang seperti yang kita impikan.

Dalam menjalankan usaha hal yang terpenting yaitu kita harus memiliki sikap percaya diri. Tentu sikap percaya diri tidak cukup. Kita juga harus memiliki sifat kewaspadaan , pemiikiran yang penuh perhitungan serta kegesitan dalam memilih peluang yang tepat;

Ya, kita harus mempunyai mimpi besar atau target  dalam menjalankan usaha kita dan sifat percaya diri dimulai dari  pribadi yang mantap. Tidak mudah terombang-ambing oleh pendapat dan saran orang lain.

II. Memilih Bisnis
Dalam memilih bisnis tentu tidak semudah yang kita bayangkan. Ini merupakan tahapan yang paling sulit. Untuk mencgah hal-hal yang tidak diinginkan banyak para pebisnis yang butuh pengetahuan dan konsultasi yang cukup mengenai berbagai macam seluk beluk dan rimba belantara bisnis ini.

Banyak pilihan dalam memilih bidang usaha ini diantaranya yaitu:
1.         Bisnis sendiri
2.         Franchise / Waralaba
3.         Bussines Opportunity
4.         Hoby
1.         Bisnis Sendiri
Memilih bisnis sendiri memang menjadi banyak pilihan orang. Banyak alasan kenapa mereka memulai sendiri bisnis baru yang pasti ingin mendapatkan penghasilan tambahan, tidak terikat, biaya murah. Tentu harus memperhitungkan keuntungan dan kelemahannya
Keuntungan :
a.         Independen dalam waktu
b.         Fleksibilitas tinggi
c.         Semangat ingin berhasil yang tinggi
d.        Bebas berkreasi
e.         Potensi memiliki kekayaan yang besar
Kelemahan:
a.         Kesulitan mencari informasi
b.         Sulit membuat logo
c.         Perlu uang yang besar untuk memulai
d.        Sulit membuat sistem operasi yang bagus
e.         Sulit membuat produk yang bagus dan diterima dimasyarakat

2.         Frenchise /waralaba
Franchise ini beda dengan memulai bisnis sendiri, bukan juga karyawan atau enterpreneur melainkan pedagang yang merupakan hubungan jangka penjual dan pembeli franchise, dimana diberi hak untuk mengoperasikan bisnis dibawah trade mark.
Keuntungan dari bisnis ini adalah
a.         kepemilikan masih independen
b.         dapat pelatihan dari pemilik waralaba
c.         trade mark yang sudah besar
d keunggulan –keunggulan dalam mengatasi kelemahan seperti dalam memulai bisnis baru.

Kelemahan dari bisnis ini yaitu kebebasan berkreasi kurang , perlu membayar fee kepada franchisee dan yang terakhr butuh uang yang besar untuk memulai.

3.         Bussines Oppurtunity
Bussenis Opportunity berbeda dengan waralaba/ franchise. Franchise merupakan hubungan berkelanjutan sedangkan oppurtunity lebih bebas masuk dan keluarnya .
Keuntungan dari bidang bisnis ini biaya lebih kecil dari franchise. Waktu yang lebih bebas. Passive income ada. Sedangkan kelelamahannya, lebih individual, keahlian presentasi sangat dibutuhkan.

4.         Hoby
Hoby bukan hanya memberikan kesenangan tapi juga memberikan peluang untukmendapatkan penghasilan tambahan jika kita bisa pandai memanfaatkannya.


1 komentar: