Minggu, 20 Maret 2016

Let's Cook

 "ada ayam potong  mau dimasak apa?" emaku menyodorkan seplastik kantong potongan ayam kurang lebih setengah kiloan, diletakkannya dimeja samping tempatt pendingin bahan yang ingin aku eksekusi itu.
Wah, enaknya dimasak apa ya. 

Langsung kubawa kebelakang dan  kucuci bersih terlebih dahulu. Oh ya aku punya tips untuk menghilangkan bau amis pada ayam atau ikan kamu bisa menambahkannya dengan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon dioleskan keseluruh ayam atau ikan yang sudah dibersihkan setelah itu diamkan beberapa menit agar perasan air jeruk itu menyerap.. 

Kucoba mencari catatan-catatan resep yang pernah aku tulis dari berbagai sumber, aku berjalan menuju rak buku diruang tengah yang berjajar dengan mesin jahit yang sudah dimakan usia itu. satu persatu tumpukan buku itu aku pilah-pilah. lima menit  sudah namun belum kutemukan. 

Ahhhh... kemana catatan-catatan resep itu padahal aku masih ingat betul terakhir aku menaruhnya dilemari ini bersamaan dengan buku-buku bacaan yang lainnya. 

" Yan, kamu tahu tidak buku catatan resep" kakak yang disimpan dilemari ini?" aku mencoba menanyakan  adikku yang sedang asyik dengan gadgetnya.
 " tidak kak, emang kenapa"
" ini kakak mau masak ayam, lagi bingung dimasak apa. kalu digoreng aja dah bosan rasanya" 
" Oh...gitu, ngapain kakak susah-susah nyari catatan  yang tak diketahui keberadaannya, kenapa nggak nanya di mbah gooogle aja si kak,disanakan pasti ada jawabannya"
" iya ya dek, coba kamu bilang dari tadi, dek"

"Coba cariin dong, HP kakak sedang tak bernyawa alias lagi di cas"
"Baikklah, nggak gratis loh ya"
"iiih matrong loh, jangan khawatir nti klo dah mateng tek kasih sepotong aja ya,he...." 

Dengan sekejap hanya hitungan detik adikku menyodorkan pilihan resep dan ku coba pilih resep Ayam Bumbu Rujak.mmm...Yummi sudah membayangkan lebih dahulu gimana rasanya, Rujak gitu loh.he... 
Nah ini dia resepnya, tapi resep ini aku sesuain dengan bahan yang ada

Ayam Bumbu Rujak
Bahan :
• 1 ekor ayam sedang----aku pake 1/4 kg
• 1 gelas santan kental
• 2 lembar daun salam----1 lembar
• 2 lembar daun jeruk purut----1 lembar daun jeruk purut
• 1 batang serai yang dimemarkan
Bumbu :
• 5 buah cabe merah
• 2 siung bawang putih
• 4 buah kemiri
Cara memasak :
• Ayam dibersihkan, cuci kemudian poting menjadi 4 bagian----aku tambahkan perasan air jeruk nipis
• Bumbu dihaluskan kecuali serai, daun salam dan dun jeruk purut. Tumis hingga harum
• Masukkan ayam dan santan kental sambil diaduk rata
• Masak terus sampai matang kemudian dipanggang hingga kering


Nah, kalau yang itu kan resep untuk 1 potong ayam, jadi aku sesuain unuk bumbu halusnya. Cabe dan bawang putih tetep aku nggak kurangin biar pedesnya mantap. Kemiri dua aja cukup. bukan kampanye KB loh ya,he...dan kalau diresepkan terakhirkan kemudian dipanggang , berhubung aku gak punya panggangannya jadi aku cukup tunggu sampai kuahnya menyusut.

Taraaaa jadi deh, Ready to serve.
Buat kawan-kawan jangan takut untuk mencoba sesuatu hal yang baru seperti memasak ini dan  Tidak ada alasan untuk mengatakan tidak bisa memasak karena mbah google ada untukmu. :)
Hasil gambarnya memang tidak menarik, tapi jangan ditanya rasanya maknyoooss super rujak.he... yuk di icip-icip. :)
Dipikir-pikir tulisanku jadi berasa kaya rujak ya.he.....

Selamat menikmati, semoga tulisanku kali ini bermanfaat. :)

Sumber Resep :
http://resepmasakanku.com/resep-masakan-indonesia/resep-masakan-indonesia-ayam-bumbu-rujak.html


#OneDayOnePost
#MenulisSetiapHari




5 komentar:

  1. Boleh nih jadi referensi menu di rumah.baca nya jadi lapar hehehe

    BalasHapus
  2. #adaaqua? Biar ga pedes makan ayamnya

    BalasHapus
  3. Terima kasih semuanya sudah mampir, mari kita makan bersama-sama,he... :)

    SalamKuliner

    BalasHapus